Benarkah WordPress Lebih SEO Friendly Daripada Blogspot?

Selamat Malam Kawan MM!

Ada sebuah pertanyaan pada kolom komentar dari Mbak Ike Lawbers beberapa hari yang lalu.

Pertanyaannya, sebenarnya sebuah pertanyaan klasik dan mungkin lahir karena banyak sekali yang mempertentangkan kedua jenis CMS ini.

Intinya “Apakah WordPress lebih SEO Friendly dibanding Blogspot?”. Tidak tepat seperti itu pertanyaannya, tetapi, kurang lebih intinya seperti itu.

Silakan lihat di bawah ini.

Benarkah WordPress Lebih SEO Friendly dibanding Blogspot

Betulkah? Pertanyaan itu mungkin sebenarnya salah sasaran karena saya bukan mastah, cuma blogger biasa saja. Tapi, karena kebetulan saya “pernah” menggunakan kedua platform itu, saya memberanikan diri untuk memberikan penjelasan sedikit.

Dengan cara a la blog MM tentunya.

Saya punya beberapa pertanyaan. Tapi butuh imajinasi sedikit.

Imajinasikan ini adalah sebuah balapan.

Pesertanya

  1. Bemo
  2. Ferrari

Boleh kok tertawa. Seperti tidak masuk akal kan? Saya menganalogikan Blogspot sebagai Bemo dan WordPress (Self Hosted) Ferrari.

Siapa yang bakalan menang dalam lomba?

FERRARI! Pasti begitu, jawabannya. Iya kan? Tapi, sayang sekali jawabannya SALAH.

Tidak ada yang menang.

Bemo dan Ferrari butuh pengemudi dan pada penjelasan di atas tidak dijelaskan pengemudinya. Tanpa pengemudi keduanya tidak akan pernah beranjak dari garis start dan akan tetap diam di tempat.

Blogspot dan WordPress hanyalah alat. Keduanya hanya bisa diperbandingkan secara teknis saja, tetapi tidak menentukan menang kalah.

Baiklah, pertanyaan lanjutan

  1. Bemo + pengemudi
  2. Ferrari + pengemudi

Siapa yang menang? FERRARI?

Salah lagi, karena disana tidak disebutkan siapa pengemudinya. Bemo kalau dikemudikan pengemudi berpengalaman akan mengalahkan Ferrari yang dikendalikan pengemudi yang tidak bisa nyetir (saya tidak sebutkan pengemudi yang bisa nyetir atau tidak)

Oke, kita tambahkan variabel lainnya.

  1. Bemo + Pengemudi (bisa mengemudi)
  2. Ferrari+ Pengemudi (bisa mengemudi)

Kira-kira bakalan menang yang mana? Ferrari? Belum tentu. Kalau jalur balapan hanya selebar gang kecil, bemo bakalan menang karena Ferrari tidak bisa masuk kesana.

Perbandingan aneh bin asal kedengarannya, tetapi begitulah jawaban yang tepat untuk mana yang lebih SEO Friendly antara keduanya.

WordPress seperti Ferrari yang diperlengkapi banyak tool untuk berpacu dan memenangkan pertarungan di dunia SEO. Salah satunya adalah keberadaan berbagai tool/plugin SEO untuk mendukungnya.

Tanpa seseorang yang bisa memanfaatkan perangkat SEO itu, tetap saja hasilnya akan kalah dibandingkan sebuah website berbasis Blogspot tetapi dikelola pakar SEO.

Impresi WordPress Lebih SEO Friendly Daripada Blogspot

Perhatikan tipe pengguna Blogspot dan WordPress.

Blogspot lebih banyak digunakan oleh pemula, blogger yang ingin berbagi, menulis dan curhat. Banyak sekali yang melakukannya sekedar menulis dan minim pengetahuan SEO.

Kemudian, pengelola WordPress Self Hosted pasti mengeluarkan biaya, perusahaan, mereka yang mengejar pemasukan dari blognya, dan banyak lagi pihak yang menggunakan demi mengejar keuntungan. Mereka tidak segan membayar penulis yang juga tahu memanfaatkan SEO saat menulis.

Hasilnya, tentu saja mayoritas pengguna WP akan menang di mesin pencari. Mereka bukan hanya memiliki keuntungan komparatif secara teknis, tetapi juga operatornya yang lebih lihai dalam memanfaatkan perangkat yang ada.

Pada akhirnya, kesan atau impresi yang timbul adalah WordPress lebih memberikan ramah mesin pencari daripada Blogspot.

Padahal, kemenangan itu lebih dikarenakan “pengemudi” di belakang layarnya.

Saya pernah menggunakan keduanya. Bukan sekali dua, hasil tulisan saya berada di peringkat satu SERP dengan menggunakan Blogspot (contoh di Umum Sekali) pada kata kunci tertentu. Dengan WordPress pun banyak juga yang begitu.

Kalah persaingan juga sering saat menggunakan keduanya.

Pertarungan di mesin pencari lebih merupakan pertarungan antara operator/pengemudi. Skill dan keterampilannya yang berbicara, bukan teknis. Apalagi kalau ia memiliki perangkat yang lebih powerful, keuntungannya semakin bertambah.

Jangan pernah berpikir bahwa dengan pindah ke WordPress tulisan kita bisa langsung nangkring di halaman SERP. Butuh lebih dari itu.

Nah, saya punya pertanyaan baru, kalau lomba balapan Becak dan Lamborghini, kira-kira menang yang mana yah?

4 thoughts on “Benarkah WordPress Lebih SEO Friendly Daripada Blogspot?”

  1. Wadaw saya suka analoginya, mas. Justru yang begini lebih mudah dimengerti oleh pemula seperti saya dibanding pakai kata-kata belibet, yang ada mantul duluan 😂 hehehehe. Jadi kesimpulannya, apapun kendaraannya, baru bisa berhasil kalau pengemudinya paham kendaraan yang dipunya dan bagaimana cara menggunakannya. Bukan begitu, mas? 😆

    Ngomong-ngomong antara Becak sama Lambo pun menurut saya dua-duanya bisa menang, karena balik lagi ke pengemudinya. Apalagi hari gini banyak Bentor alias Becak Motor yang suka ngepot-ngepot di jalan 😂 hahahahahaha. Once again thank you ilmunya, mas 😍

    Reply
    • Begitu menurut saya Eno… Bukan perangkatnya yang menentukan, tetapi manusianya. Skill dan kemampuannya yang menentukan menang atau tidak di dunia SEO.

      Nah, berarti sudah mengerti kan soal ini.. Bener banget bentor bisa ngepot mah, Lambo mah kalah..wkwkwkwkw

      Reply
  2. waduhhh bapakkkk, kasian banget si blogspot jadi bemo hahahaha.
    Etapi, kalau ferarinya dikemudi pengemudi biasa, sementara bemonya dikemudi oleh pembalap.
    Kira-kira yang menang siapa Pak?
    Masa iya si blogspot menang, tapi sampai di garis finish pada kebongkar semua bodynya hahahahaha.

    Tapi masuk akal banget sih, WP selfhosted itu ibarat Ferari, tombol bantuannya banyak.

    Cuman kalau dulu, nggak tahu ini kebetulan atau memang dulunya dia bagus.
    Karena dulu tuh saya pindah ke WP gratisan karena cepat banget keindex google dibanding blogspot gratisan.

    Sayangnya, beberapa lama kemudian saya merasa WP agak berat loadingnya, jadinya saya balik ke blogspot.

    Dulu sih saya belom tahu apa itu domain dan hosting, sekarang setelah tahu, saya milih Blogspot aja deh, soalnya lebih terjangkau hahaha.

    Btw Pak, bahas tentang dot com dan dot my dot id dong.
    Lagi booming banget sekarang, termasuk saya beli buat blog kecantikan saya.
    Abisnya murah banget hahaha.

    Abis itu pas perpanjangan mahal, baru tahu rasa hahahaha

    Reply

Leave a Comment