Apakah Google Sitelinks Lebih Mudah Didapat Website WordPress?

Selamat Malam Kawan MM!

Saat melakukan pencarian via mesin pencari Google, pernahkah Kawan melihat di bagian paling atas ditemukan hasil seperti di bawah ini?

Google Sitelinks Lebih Mudah Didapat blog WordPress

Yang seperti ini dikenal dengan sebutan “sitelinks” atau “Google Sitelinks”. Saya tidak memakai terjemahan dalam bahasa Indonesia karena tidak umum dipakai, yaitu “Tautan Website”

Istilah ini mengacu pada tautan yang berada di bawah nama sebuah domain di halaman SERP (Search Engine Result Page – Halaman Hasil Pencarian) Google saat seseorang melakukan pencarian terhadap kata kunci.

Link/tautan-tautan itu adalah akan merujuk pada halaman-halaman yang ada di domain di atasnya.

Jumlah link yang tercantum bisa 2,4, 6 bahkan ada yang lebih, tetapi yang sering saya lihat adalah 6 atau kurang.

Banyak yang menganggapnya sebagai sinyal “Google” sayang pada website tersebut, tetapi saya berpandangan lain. Keberadaan “sitelinks” itu adalah karena Google menganggap bahwa domain tersebut sebagai sebuah brand. Oleh karena itu, mereka memberikan tautan ke beberapa bagian blog yang mereka anggap “penting”.

Keberadaan sitelinks sendiri sangat diidamkan oleh banyak pemilik website/blogger karena dengan begitu mereka merasa diakui oleh mesin pencari tersebut. Posisinya akan selalu berada di atas halaman hasil pencarian ketika brand (nama/kata kunci) tersebut dipergunakan.

Diidamkan? Ya, karena sitelinks tidak bisa diakali. Google yang memutuskan untuk memberikan, tidak bisa diakali dengan teknik atau trik apapun.

Kapannya? Juga tiada yang tahu. Bisa tiba-tiba muncul tanpa dikira. Juga, tiba-tiba bisa menghilang (dari sebelumnya ada).

Kriteria pemberian sitelinks sendiri sepertinya hanya diketahui tim Google saja karena tidak pernah diungkapkan. Cuma saya pikir sitelinks akan diberikan kepada website yang “authority” nya kuat (bukan berdasarkan DA dan PA Moz yah), jadi dianggap mewakili sebuah brand.

Beberapa blog dalam Lovely Bogor Network sudah mendapatkan sitelinks tersebut. Belum semua, tetapi sudah lebih dari satu.

Apakah Google Sitelinks Lebih Mudah Didapat Website WordPress? - sitelinks lovely bogor

.

Nah, yang membuat tanda tanya hadir adalah dua buah blog yang dulunya belum ada sitelinksnya saat berbasis Blogspot, hari ini keduanya memiliki 6 sitelinks. Padahal, biasanya kalau pertama yang muncul hanya 2, kemudian menjadi 4 atau 0.

Kedua blog tersebut adalah Maniak Menulis dan Celoteh Hijau.

Sebelum bermigrasi ke WordPress, keduanya belum mendapatkan sitelinks, tetapi sekarang sudah dan langsung enam.

Padahal, salah satu blog itu , Celoteh Hijau sudah lama tidak diupdate dan baru masuk rencana tahap kedua untuk dikembangkan. Jumlah artikel di Celoteh Hijau masih sedikit dan trafik pengunjungnya. Dengan kata lain otoritasnya seharusnya masih rendah sekali.

Kok bisa dapat sitelinks?

Hal ini membuat saya bertanya-tanya, apakah blog/website berbasis WordPress Self Hosted lebih mudah untuk mendapatkan sitelinks? Apakah dengan hosting yang dikelola sendiri dianggap sebagai mewakili brand?

Ataukah, tanpa disadari ternyata keduanya sudah memiliki otoritas yang “baik” sehingga dianggap layak?

Ada yang bisa bantu jawab? Soalnya saya tidak bisa menemukan jawabannya.

Yuk Berbagi....

6 thoughts on “Apakah Google Sitelinks Lebih Mudah Didapat Website WordPress?”

  1. Kayaknya hanya diketahui tim Google saja. Termasuk juga platform yang digunakan. Tidak hanya untuk WordPress saja karena salah satu blog saya yang menggunakan Blogger (TLD) juga mendapatkan sitelinks pak. Gak tahu juga kenapa. Tapi sifatnya temporer. Kadang ada, lalu hilang, lalu muncul lagi. Termasuk juga dengan link blog yang ditampilkan yang bisa berubah-ubah. Oh ya pak, fungsi Google sitelinks terhadap beberapa blog Lovely Bogor Network kira-kira apa saja ya?

    Reply
    • Betul mas Hamsul.. masih tetap misteri. Iyah memang misterius banget.. Saya rasa memang dibagikan tidak tergantung platform mas, cuma yang bikin bingung ya itu tadi karena sebelumnya belum ada, tiba-tiba nongol.. wakakaka (bukannya seneng yah)

      Betul temporer, jumlahnya bisa turun, kemudian menghilang, tapi bisa juga bertahan. Kayaknya tergantung apakah otoritasnya tetap bertahan atau menurun mas..

      Ga banyak ngaruh juga sih mas. Kalau lihat hasilnya, pengunjung masuknya kebanyakan bukan dari kata kunci itu, tetapi lebih ke laman langsung (artikel). Jarang jarang yang masuk ke homepage..

      Reply
  2. Mungkin bisa jadi karena dua-duanya mas 😆 hehehe. Karena pakai WP dan karena sudah memiliki otoritas yang baik 😍 itu cara check-nya bagaimana, mas? Penasaran mau check blog saya. Ketik di Google namanya apa, kah? creameno dot com ya, mas? 🙈

    Reply

Leave a Comment