[SOLVED] Masalah Post Baru Di WordPress Tidak Muncul Di Daftar Bacaan Blogspot

[SOLVED] Masalah Post Baru Di WordPress Hasil Migrasi Tidak Muncul Di Daftar Bacaan Blogspot

Selamat Siang Kawan MM! Kalau ngantuk coffee break dulu!

Situasi pasar dimana-mana sedang suram karena pandemi, tetapi saya sedang merasa gembira siang ini.

Bukan karena dapat orderan besar, tetapi karena sebuah masalah yang disebabkan oleh migrasi blog MM dari Blogspot ke WordPress terpecahkan. Beberapa hari setelah migrasi selesai, beberapa rekan memberitahukan bahwa post baru tidak muncul di Daftar Bacaan (Reading List) akun Blogspot mereka.

Bingung. Iyah! Ngaku. Juga merasa tidak enak hati karena jadi menyulitkan teman untuk mengetahui apa di blog ini ada tulisan baru atau tidak.

Setelah pemberitahuan itu, saya melakukan testing memakai satu akun Blogger/Blogspot. Di akun itu saya tambahkan semua blog yang ada dan selama beberapa hari mengamati perkembangannya.

Hasilnya memang terlihat, bukan hanya post terbaru saja yang tidak muncul, tetapi memang semua tulisan tidak nongol sama sekali.

Dugaan pertama kali ada masalah dengan theme (template dalam istilah WordPress)nya. Mungkin terjadi konflik.

Ternyata tidak. Dari 12 blog, yang semua memakai theme yang sama, yang sejak awal berbasis WP tidak mengalami masalah sama sekali. Posting terbaru akan muncul di reading list (meski saya tidak tahu jeda antara di WP dan muncul disana).

Jadi, bukan itu.

Perkiraan lanjutan adalah karena ada plugin yang “conflict”, ternyata tidak juga. Bahkan setelah semua plugin dinonaktifkan, hasilnya tidak juga. Update terbaru dan lama tetap tidak nongol.

Tambah pusing dah.

Dugaan lanjutan, pemakaian http dan https memberikan pengaruh, tetapi kalau ingat dulu sebelum migrasi memakai https dan tidak ada masalah, seharusnya tidak mempengaruhi. karena penasaran, tetap saya coba, hasilnya sama saja.

Hasil cek RSS feed tidak menunjukkan ada masalah karena artikel terbaru masuk dalam feed dengan baik.

Sambil garuk-garuk kepala, hampir saya memutuskan memakai plugin dan kemudian memakai feedburner dari pihak ketiga agar semua beres. Tetap tidak enak sih sebenarnya karena prosesnya justru akan merepotkan kawan-kawan juga karena harus berlangganan.

Sampai, akhirnya, kemarin, saya teringat bahwa memang ada perubahan yang saya lakukan saat migrasi, yaitu tentang pemakaian www

  • di Blogspot/Blogger : https://www.maniakmenulis.com
  • di WordPress : https://maniakmenulis.com

Saya menghilangkan www karena lebih ringkas. Cuma, ternyata, hal itu berpengaruh karena beberapa rekan tetap memakai versi url lama dengan www . Saya lupa bahwa Google memang menganggap www dan non www sebagai dua website yang berbeda.

Hasilnya, seperti koneksi yang tidak nyambung..RSS feed di WP berjalan normal dan tetapi koneksi ke Daftar Bacaan Blogspot tidak ada.

Pagi ini saya menguji coba dengan memasukkan tanpa www ke dalam daftar bacaan akun Blogspot saya. Kemudian, pagi ini saya mengeluarkan satu artikel baru. Agak khawatir juga karena setelah satu jam lebih, posting baru itu belum nongol juga.

Barulah setelah hampir 4 jam, post baru tersebut muncul di Reading List.

[SOLVED] Masalah Post Baru Di WordPress Tidak Muncul Di Daftar Bacaan Blogspot

Mudah-mudahan saja, rekan-rekan yang kebetulan berlangganan dengan lewat reading list Blogspot, sekarang sudah tidak mengalami masalah lagi. Kalau memang masih bermasalah, tolong bantu informasikan yah.

Dan, saya bergembira untuk itu. Walau kemudian harus kembali pusing karena banyak customer menunda order akibat pandemi, setidaknya bisa bergembira untuk sesaat.

Yuk Berbagi....

4 thoughts on “[SOLVED] Masalah Post Baru Di WordPress Tidak Muncul Di Daftar Bacaan Blogspot”

  1. YAYYYYY! Di reading list saya pun sudah masuk mas new post-nya 😍 hohoho, terima kasih mas Anton karena sudah diperbaiki, jadi sekarang bisa tau kalau ada update-an baru dari Maniak Menulis 😁

    Reply
  2. Jadi ini permasalahnnya! Kemarin-marin, url blog kak Anton yang aku masukkan di reading list udah tidak pakai www karena aku copas dari link web, jadi aku nggak menemukan masalah ini. Tapi hari ini aku tetap masukkan ulang karena takutnya ada problem apa gitu hahaha.
    Sebelumnya memang url blog kakak yang lama itu hilang total dari reading list, ini karena migrasi sepertinya ya.
    Nah, berarti permasalahnnya tinggal 1, tombol “notify me” di kolom komentar 😁

    Reply

Leave a Comment