Semakin Cepat Loading Web, Semakin Ramah Lingkungan

Semakin Cepat Web Loading Semakin Ramah Lingkungan

Hola Kawan MM! Jangan lupa makan malam, susah tidur kalau perut lapar.

Pertama-tama, saya pikir apa yang tercetus di kepala saja sekedar cocoklogi saja. Maksudnya segala sesuatu dihubung-hubungkan dan dipaksakan untuk cocok. Jadi saya kurang yakin bahwa pemikiran saya masuk akal.

Pemikirannya terkait kecepatan loading sebuah web berhubungan dengan masalah lingkungan. Semakin cepat loading sebuah website, maka semakin ramah lingkungan web tersebut. Cetusan ini muncul belum lama, yaitu saat melakukan migrasi dari Blogspot ke WordPress.

Logika saya mengatakan

  • Pengguna ponsel , untuk menampilkan laman sebuah website, ia akan memakai daya listrik dari baterai (besarnya tidak diketahui)
  • Kemudian, asumsi rata-rata waktu yang diperlukan adalah 5-6 detik dan selama itu pasti memakai daya listrik
  • Jika website dipercepat menjadi 3 detik saja, maka energi yang terpakai akan berkurang dan hanya terpakai 3/6 atau 1/2-nya saja

Memang terlihat kecil dan bisa diabaikan. Masa sih daya listrik selisih tiga detik saja harus dipermasalahkan? Iya kan.

Cuma, kalau diasumsikan lagi

  • seorang pengguna ponsel biasanya mengakses lebih dari 10 laman perhari (kalau saya bisa beberapa kali lipat)
  • bila sebulan, maka energi yang dihemat adalah setara 3 x 10 x 30 alias 900 detik atau 15 menit daya listrik yang dipakai ponsel per orang
  • bila di Indonesia ada lebih dari 100 juta pengguna internet saja artinya daya yang dihemat setara 100 juta X 15 menit daya listrik ponsel untuk mengakses laman =1500 juta menit

Saya tidak tahu persis besaran daya yang dipakai sebuah ponsel, tetapi angka di atas saja menunjukkan bahwa ada daya listrik yang dihemat kalau sebuah laman website dipercepat.

Kecil mungkin, tetapi bagaimanapun hal itu berarti pengorbanan lingkungan untuk menghasilkan listrik (yang pasti mengeluarkan limbah dalam berbagai bentuk) tidak akan tersia-sia. Listrik itu bisa dipakai untuk keperluan lain.

Ngawur yah.. Saya sempat berpikir demikian.

Tetapi, logika saya ternyata sudah menjadi bahasan banyak pihak. Beberapa di antaranya yang membahas tentang hubungan performa sebuah website dengan lingkungan ada di bawah ini

  1. Wholegraindigital
  2. Microsoft
  3. Methodandclass

Kalau membaca apa yang tertulis, bukan hanya dari sisi pengguna yang bisa dihemat, tetapi juga dari sisi server tempat menyimpan data. Disebutkan bahwa semakin cepat web loading, energy yang terpakai di server pun akan berkurang.

Jadi, logika saya ternyata tidak salah juga. Banyak orang yang berpikiran sama.

Baca juga : Konsep 20:80, Pernah Dengar?

Memang, saya paham sekali bahwa kadang yang seperti ini masih agak terlalu jauh untuk dipikirkan dalam masyarakat dimana kebiasaan membuang sampah sembarangan masih banyak. Tetapi, sebagai webmaster, saya bisa mempercepat loading web yang saya kelola, kenapa tidak.

Meski hanya sedikit energi yang bisa diselamatkan, ya tidak masalah, setidaknya saya sudah berusaha melaksanakan apa yang saya bisa.

Yuk Berbagi....

4 thoughts on “Semakin Cepat Loading Web, Semakin Ramah Lingkungan”

  1. Wah, setuju sekali pak. Jadi bisa tahu peran lain blogger dalam kaitannya dengan SDA. Baca ini saya tetiba ingat beberapa blog yang pernah saya kunjungi. Kadang ada yang kebanyakan artikelnya gak menggunakan fungsi ‘jump break,” sampai-sampai kadang mau buka Berandanya hp saya nge-lag… Hehehe.

    Kalau blogger yang berumur seperti tulisan sebelumnya tentu bisa dimaklumi, tapi kalau yang masih muda-muda mungkin alasan ramah lingkungan tersebut juga bisa kali ya dipakai untuk menggunakan “pemecah paragraf” itu?! Hahahaha.

    • Iya juga yah… makasih mas Hamsul, saya pikir kadang saya suka nulis kepanjangan juga. Maaf kalau pernah ngalamin yang begitu di blog saya yah…

      Ntar saya oprek lagi..

      Iyah, kita juga harus berusaha merubah mindset kita soal yang satu ini

  2. Woaaa mas Anton sampai memperhitungkan soal dampak website pada lingkungan, which is cool menurut saya 😍 dan kalau dipikir-pikir, ada benarnya mas ~ jadi semakin semangat mau kecilkan ukuran laman blog saya agar ke depannya bisa lebih cepat saat loading dan membuat teman-teman pembaca merasa nyaman 🙈 wish me luck!

    • Pingin jadi manusia yang lebih peduli mbak.. Gimanapun ada rasa jengah dan kesal terhadap perkembangan soal ini. Jadi, saya hanya bisa melakukan yang terjangkau oleh saya.

      Kebetulan belakangan ini sejak WFH dan ganti template, migrasi, hal yang seperti ini kepikiran terus..

      Yah, usaha kecil untuk menunjukkan kepedulian saja..

      Good luck Eno

Comments are closed.