Rasanya Beda Menjawab Komentar Di Blogspot Dan WordPress (WP)

Selamat Sore Kawan MM ?

Mohon maaf kalau masih membahas dan membandingkan dua platform blogger, Blogspot Dan WordPress. Bukan soal siapa yang menang siapa yang kalah, tetapi saya pikir sharing tentang perbedaan itu bisa memberikan gambaran lebih lengkap. Apalagi dari pengalaman seseorang yang pernah merasakan keduanya.

Nah, kali ini saya akan berbagi tentang beda menjawab komentar di Blogspot dan WordPress. Hal kecil yang kecil, tetapi lumayan memberikan dampak berupa perasaan yang lebih nyaman saat melakukannya.

Pertama tentu di Blogspot. Bagaimana cara menjawab komentar yang masuk dari pengunjung suatu artikel? Pasti Kawan MM sudah tahu, yaitu dengan mengklik artikelnya dan kemudian menekan tombol reply yang ada pada komentar yang masuk tadi.

Dengan kata lain, artikelnya harus dibuka dulu. Kalau diibaratkan kita menjadi pengunjung juga dan baru bisa memberikan komentar balasan.

Komentar bisa terlihat di dashboard, tetapi tidak ada cara lain untuk menjawab selain harus keluar dari dashboard dan masuk ke artikel sebagai pembaca.

Kedua di WordPress atau WP. Bagaimana cara membalas komentar yang masuk? Gampang saja, masuk ke dashboard kemudian lihat di menu “COMMENT”. Disana akan terlihat komentar yang ditinggalkan pengunjung.

Jika setting komentar dimoderasi, maka akan masuk ke kategori “pending” yang hanya bisa dilihat oleh admin saja. Kalau tidak dimoderasi, sama seperti Blogspot akan langsung ditampilkan.

Untuk menjawabnya, cukup mengklik menu “Reply/Jawab” yang ada di bawah komentar itu. Kolom untuk membalas komentar akan muncul di bawahnya.

Rasanya Beda Menjawab Komentar Di Blogspot Dan WordPress (WP)

Perlu menayangkan artikel? Tidak sama sekali. Artikel yang diberi komentar tidak perlu ditayangkan. Komentar balasan akan muncul tepat di bawah komentar si pengunjung.

Kelebihan dari sistem membalas komentar a la WordPress adalah tidak repot. Lebih singkat. Begitu melihat komentar yang masuk, langsung balas saja.

Juga, mengurangi timbulnya angka tambahan di statistik. Pada Blogger/Blogspot, tergantung templatenya membuka artikel dan menjawab komentar akan menambah angka pengunjung antara 1-3. Tergantung template yah!

Jadi, data statistik di blog atau di Google Analytics akan lebih akurat karena kita sebagai admin tidak akan ikut dihitung saat memberikan balasan.

Komentar yang pending karena dimoderasi pun tidak perlu diapprove dulu baru dijawab. Cukup dengan memasukkan balasan dan enter, baik yang dimoderasi atau balasan akan langsung muncul. Logikanya, kalau memang tidak disetujui, kenapa dijawab? Iya kan.

Baca juga : Konsep Mendatangkan Pengunjung Baru, Mempertahankan Pengunjung Lama

Bedanya kecil memang, tetapi kalau dilihat lebih mendalam, jelas lebih mudah dan nyaman menjawab komentar di WP daripada di Blogspot.

Dan, saya menyukainya.

Entah dengan Anda.

Yuk Berbagi....

6 thoughts on “Rasanya Beda Menjawab Komentar Di Blogspot Dan WordPress (WP)”

  1. Iya, jawab komentar di blog saya pun ribet mas, pertama harus accept dulu semua komentar, habis itu baru reply satu persatu di post-nya 😂 kadang ada yang ke-skip lupa dibalas gara-gara komentarnya tersebar di beberapa post, jadi harus check ulang di bagian komentar (dashboard satu persatu mana komentar yang belum ke-balas) 🙈

    Reply

Leave a Comment