Kolom Renungan Maniak Menulis : Inspirasi Orang Biasa

Selamat Malam Kawan MM!

Semoga semua yang kawan lakukan hari ini membawa berkah bagi kawan dan keluarga!

Pernah berkunjung ke website Brainyquote ? Mudah-mudahan sudah. Isinya kutipan inspiratif dan kata mutiara yang dikumpulkan dari “orang-orang terkenal” di muka bumi (kecuali Indonesia kayaknya karena saya tidak menemukan ada pewakilan nama disana).

Bagus sekali isinya untuk mereka yang sedang butuh suntikan semangat dan inspirasi dalam menghadapi permasalahan dunia.

Hanya saja, saya kok merasa website itu tidak adil. Iya, kurang adil banget.

Apakah hanya mereka-mereka yang sudah terkenal saja yang “boleh” dan bisa menginspirasi orang lain?

Padahal, kalau dalam kehidupan pribadi, banyak sekali inspirasi yang bisa didapat dari orang biasa, tidak terkenal. Seringkali perasaan down yang saya alami bisa seperti mendapat booster karena kalimat-kalimat kecil dari kawan, keluarga, atau bahkan orang tak dikenal sekalipun.

Saat seperti itu banyak sekali.

Berdasarkan pemikiran seperti itulah, saya pikir tidak ada salahnya kalau saya mencoba membuat koleksi sendiri berisi kalimat atau kata-kata inspiratif.

Bedanya, kalau Brainyquote mengumpulkan yang diucapkan orang tenar, saya akan mengumpulkan dari orang biasa saja. Setidaknya pada saat kutipan itu dicatat, orang yang mengatakan belum menjadi orang “luar biasa”.

Untuk itulah kolom Renungan Maniak Menulis dihadirkan. Isinya berupa kata-kata yang setidaknya membuat saya tertarik untuk ikut memikirkannya.

Kalau diambil dari kolom komentar, saya akan memberikan screenshootnya, tentu saja dengan memberikan tautan balik ke blog atau website Kawan tersebut. Kalau kata-kata mutiara itu saya temukan saat blogwalking, saya akan mengajak pembaca untuk berkunjung kesana untuk membacanya sendiri.

Beberapa yang sudah diterbitkan ada di bawah ini.

Dengan kolom ini, sekaligus saya berniat menggantikan INFO BLOG yang baru beberapa kali diterbitkan. Saya pikir terlalu membosankan (bahkan bagi saya sendiri) hanya berbicara dengan data saja karena tidak bisa merefleksikan mengapa blog-blog tersebut menarik dan pantas dikunjungi.

Setidaknya dengan tulisan singkat ala kolom “renungan” ini, saya bisa memperlihatkan satu sisi mengapa blog/website tersebut layak dikunjungi (setidaknya menarik untuk saya bahas)

Jadi, selamat menikmati Kolom Renungan a la Maniak Menulis!

12 thoughts on “Kolom Renungan Maniak Menulis : Inspirasi Orang Biasa”

  1. Wuih keren pak. Mudah-mudahan ada yang buat foto-foto quote pakai gambar pak Anton 😀 😀 😀

    Oh ya. Sekedar informasi buat pembaca lainnya. Ada juga quoteinvestigator,com, web yang ngelacak atau menginvestigasi apakah quote tertentu memang terbukti pernah dikatakan oleh orang yang diatasnamakan atau tidak.

    Reply
  2. Wahh menarik ini, memetik hikmah dari beberapa blog yang dikunjungi. Kadang pas kita blogwalking, pasti ada saja yang bisa direnungkan. “Wah iya yah bener begini…wah pantes saya begini dan begitu.” Intinya sih kayak ada setitik cahaya terang dari hasil main ke blog tetangga (blogwalking).

    Reply
    • Waaah ada Kuskus dateng kemari.. Btw, aku manggil Res aja dah..

      Begitukah Res karena pada dasarnya kan manusia itu bisa saling menginspirasi satu dengan yang lain. Tidak pandang kedudukan atau statusnya.

      Jadi, saya pikir kenapa tidak dibagikan saja, siapa tahu yang lain juga bisa memanfaatkannya

      Reply
  3. Menjawab pertanyaan Mas Anton, kenapa yang diangkat jadi quote hanya orang terkenal aja?
    Aku sendiri punya jawabannya nih.
    1. Mereka punya fans atau massa. Secara psikologis yang namanya orang fanatik tuh pasti bakal ho oh atau ngeiyain apa yang dilakukan idolanya. Yang bersangkutan nge quote, “Jangan lupa kentut hari ini”, semua fans bakal bilang ini kalimat sakti
    2. Orang terkenal selalu dipandang manusia unggul karena mereka bersinar diantara manusia yang lain, menjadi sorotan kamera dan kehidupan pribadinya dicari.

    Kalau ngomong soal inspirasi, aku juga hampir sama kayak Mas Anton. Sejak beberapa tahun lalu aku menemukan salah satu channel youtube yang isinya kalimat-kalimat indah. Dia bukan orang terkenal tapi kalimatnya menyentuh sekali.

    Reply
    • Wakakakaka.. bener bangetzzz itu Pit.. Mereka “manusia unggul”. Pantas pada pengen terkenal.. Ngakak abis pas bagian kentut itu. Tapi sulit dibantah itu…

      Biar ngakak, saya rasa sependapata dengan pipit bahwa siapapun seharusnya bisa dan harus dipandang sama dalam urusan inspirasi, bukan cuma karena terkenal, status atau jabatannya..

      Makasih dah buat saya ngakak, sekaligus ada ide baru

      Reply
  4. Kalo menurut saya pribadi sih, Pak, kenapa Quote orang terkenal yang sering diambil karena diantara sekian banyak orang yang mengenalnya ada yang mengutip kata-katanya. Kalo bicara probabilitas, peluangnya lebih besar.

    Permisalannya, Ketika si A dikenal oleh seribu orang, saat dia ngomong ada kemungkinan satu orang yang mengutip kata-katanya. Sedangkan si B cuma dikenal oleh sepuluh orang, saat dia ngomong, bisa jadi tidak ada satu pun dari sepuluh orang ini yang mengutip perkataannya. Apalagi mereka memang pendiam semua. Maka menurut saya, ini soal probabilitas.

    Tapi terkait boleh tidaknya, saya rasa tidak ada larangan. Misalnya saat sedang menulis artikel, saya mengutip perkataan adik saya. Sah-sah saja. Perkara hati orang lain mau tergerak atau tidak, itu urusan yang lain lagi ceritanya.

    Reply
    • Jadi, quote orang terkenal memiliki nilai jual lebih ya Nisa..? Berarti kalau quote orang biasa dibranding, bisa juga kan?

      Kalau gitu, blog MM akan mencoba menjadi “penjual” quote orang biasa deh..:-D

      Makasih pandanganya ya Bu Guru..:-D Lama tidak bermain di Maringenet

      Reply
    • Hahahahaha.. Insya Allah nggak ada yang kelewat Fan.. Soalnya aku pake manual. Nggak otomatis, satu persatu dibaca dulu baru disortir.. 😀

      Dikomentarin ulang saja Fan, dengan senang hati kok menerima.. hahahaha

      Makasih banyak loh sudah mau berkomentar banyak disini

      Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.