Hapus Komentar Spam Secara Manual Atau Otomatis?

Menghapus Komentar Spam Secara Manual Atau Otomatis

Selamat menjelang tengah malam Kawan MM? Selamat beristirahat dan semoga mimpi indah.

Mau tidur belum bisa, jadi saya iseng menulis tentang hal terkait komentar spam. Pasti sebagai blogger sudah paham betul betapa menyebalkannya para spammer seperti ini. Komentar jadi penuh dengan link dan tidak jarang kata-kata tidak pantas.

Nah, sebenarnya di WordPress Self Hosted ada satu plugin yang bagus sekali untuk menghadapinya. Namanya Akismet. Plugin ini bisa memperingan pekerjaan webmaster/blogger karena bisa bekerja secara otomatis yang artinya sang blogger tidak perlu menghapus komentar spam secara manual.

Biasanya hanya perlu beberapa kali pembelajaran, Akismet akan menendang komentar yang memasukkan link hidup di kolom komentar ke kotak spam.

Beres.

Saya sudah memakainya sejak pertama kali menggunakan WP di tahun 2015. Nyaman bener.

Hanya, beberapa waktu yang lalu sejak blog-blog saya dilabeli “BURUK” oleh Google, terpaksa lah saya berpikir ulang.

Bagaimanapun, Akismet untuk bekerja akan memakai daya dari website, memory, dan pastinya waktu untuk melakukan proses itu. Ia akan bekerja setiap ada halaman website yang tayang dan bekerja di latar belakang (istilahnya cron job).

Yang seperti itu pasti akan memperlambat waktu loading sepersekian detik. Berharga banget kalau mengingat batasan ketat yang diterapkan Google.

Pusing.

Dilema.

Kalau pake, saya enak, tapi efeknya ke pengalaman pengguna (UX-User Xperience). Tidak pake, berarti saya harus menyediakan waktu untuk menyortir dan mendelete satu persatu.

Sampai akhirnya, saya mengamati dan menghitung berapa banyak komentar spam yang masuk ke website selama sehari.

Kenapa kok dihitung? Saya berhitung apakah masih bisa ditangani secara manual atau terlalu banyak makan waktu. Sekaligus uji coba apakah bisa dihandle atau tidak.

Setelah semingguan mengamati perkembangan, akhirnya Akismet diputuskan untuk tidak dipakai lagi. Komentar spam yang masuk (puluhan) masih bisa dihapus secara manual dalam waktu tidak lama.

Memang sedikit repot, tetapi saya pikir kalau itu bisa mempercepat loading sepersekian detik, kenapa tidak. Bukankah memang tugas webmaster untuk “berkorban” demi pembacanya (tentunya akhirnya buat dirinya sendiri juga).

Baca juga : Semakin Cepat Loading Web, Semakin Ramah Lingkungan

Apakah mungkin si Akismet kembali? Masih mungkin, kalau ternyata si spammer bawa teman-temannya lebih banyak dan komentar bersifat spam sulit dikendalikan, saya akan aktifkan dia lagi.

Mudah-mudahan saja tidak akan terjadi yang seperti itu.

Yuk Berbagi....

2 thoughts on “Hapus Komentar Spam Secara Manual Atau Otomatis?”

  1. Sepertinya blog saya hanya dua kali dapat komentar spam macam komentar judi itu lho mas, jadi selama ini belum terganggu sama spam. Kecuali komentar pendek selewat yang ditulis asal, nah itu lumayan sering hahahahaha 😂 contohnya nice post (seriously masih ada yang komentar begini cobak) 😆 cuma saya selalu penasaran kenapa mereka bisa sampai di blog kita dan spam, ya? Apakah itu robot, mas? 🙈

    • Oneliner? Pertamax, nice info gan dan seterusnya? Muasih banyak mbak.. wakakak.. saya kalau ada yang begini, langsung delete saja.

      Soal spammer, banyak mbak.. dikumpulin bisa satu kantong plasting setiap hari wakakakakaka…

      robot.txt itu semacam coding yang digerakkan oleh mesin. Seperti Google, mereka memakai “robot” atau “bot” ini untuk menjelajahi setiap website di dunia, menemukan url, melaporkannya kepada server Google. Mirip dengan robot pada dunia nyata cuma dalam bentuk virtual. Itu untuk tujuan baik.

      Perkembangannya, banyak juga “bot” yang dipakai oleh pihak tertentu untuk menyerang atau mengganggu website. Kalau di Blogspot sering kita melihat statistik pengunjung naik drastis dari satu negara asing, nah itu kemungkinannya bukan pengunjung manusia, tetapi bot. Biasanya hinggap kurang dari satu detik di web sebelum pergi..

      Gitu mbak

Comments are closed.