Betulkah Server Google/Blogspot Tidak Pernah Down?

Betulkah Server Google atau Blogspot Tidak Pernah Down

Pagi Kawan!

Maaf pagi-pagi berceloteh, tetapi sejak semalam saya teringat akan komentar dari salah satu kolega di dunia blogger, Reyne Raea. Ia menyebutkan alasannya memilih untuk memakai platform Blogspot bagi blognya adalah karena “Server Blogspot tidak pernah down”. Silakan lihat di Migrasi dari Blogspot ke WordPress : Preferensi Setiap Orang Beda”

Tentu saja, bagi seorang blogger server yang down itu menyebalkan sekali karena tidak bisa diakses oleh pembaca. Jadi, alasannya jelas sangat masuk akal.

Hanya saja, yang membuat rasa penasaran timbul adalah apa benar server Blogspot itu tidak pernah ada masalah. Selalu on dan on terus.

Padahal, bagaimanapun di dunia ini, tidak ada yang sempurna. Segala sesuatu pasti ada sisi kelemahan dan kerusakannya. Apakah Blogspot begitu sempurna?

Karena penasaran itulah, saya coba berselancar di dunia maya untuk mencari konfirmasi dari keyakinan blogger asal Jawa Timur tersebut.

Cuma bukan hanya kata kunci Blogspot atau Blogger yang saya pergunakan karena kedua platform ini sebenarnya adalah bentuk layanan. Hosting yang dipergunakan memakai jaringan server Google. Oleh karena itu, berbagai produk Google dari Gmail, Google Classroom, dan lainnya bisa diakses dengan satu akun saja. Semua terkoneksi dalam satu jaringan server besar dan handal.

Hasil pencarian ternyata mengejutkan.

“Hampir” tidak ada berita kalau server Blogspot pernah down dalam jangka waktu yang lama. Bukan hanya halaman satu SERP saja yang saya telusuri, tetapi terkadang sampai halaman 20. Kata kunci juga sudah diubah berulangkali dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Saya juga menggunakan beberapa mesin telusur lain karena tetap ada kemungkinan, berita terkait hal itu disortir dulu oleh pihak Google. Maklum, hal itu bisa membuat kesan jelek dan namanya bisnis terkadang yang seperti itu disembunyikan.

Sayangnya, hasilnya hampir sama juga.

Benar-benar nyaris tidak ada informasi terkait gangguan server “Blogger”.

Hampir dan nyaris.

Bukan berarti tidak ada karena pada akhirnya ada tulisan (beberapa) yang menginformasikan pernah terjadi server Blogger terhenti operasinya selama beberapa saat. Silakan lihat di SINI (bahasa Indonesia).

Ada kan?

Belum sampai disitu saja.

Baru beberapa hari yang lalu, ternyata ternyata masalah juga terjadi dengan sistem layanan Google di seluruh dunia. Media dunia, termasuk SKY dari Inggris memberitakan masalah server down yang menyebabkan jutaan orang tidak bisa mengakses Gmail, Google Docs, dan berbagai layanan raksasa mesin pencari itu.

Laman Google Apps Status pun menunjukkan memang terjadi masalah dengan beberapa layanan mereka pada tanggal 20 Agustus 2020 itu.

Semua ini tidak berarti layanan Google jelek. Jangan diinterpretasikan kesana. Saya sendiri tetap beranggapan bahwa salah satu kekuatan dari memakai platform Blogspot untuk ngeblog adalah sisi servernya sendiri.

Dibandingkan WordPress.com atau WordPress Self Hosted yang dikelola sendiri, atau platform blogging lainnya, Google memang menempati peringkat pertama. Hal itu dibenarkan juga oleh penelitian yang dilakukan oleh Pingdom, sebuah website yang biasa dipergunakan blogger Indonesia mengukur kecepatan loadingnya.

Pada tahun 2010, mereka melakukan uji coba selama dua bulan dan terus menerus memantau beberapa server platform blogging dan Blogspot/Blogger menempati peringkat no 1 dengan waktu downtime mencapai 0% antara 15 Oktober – 15 Desember 2010.

Google memang luar biasa.

Baca juga : Pengalaman Pengguna Versus Pendapatan Iklan, Pilih Yang Mana?

Tetapi..

Tidak sempurna.

Tetap akan ada waktu downtime dari setiap server yang manapun. Hanya saja mungkin kita tidak tahu dan tidak merasakan karena terjadinya sebentar, atau kita sedang tidur, sedang tidak buka komputer, atau sedang galau mendekati tanggal tua.

Penasaran saya sudah hilang pagi ini.

Yuk Berbagi....

2 thoughts on “Betulkah Server Google/Blogspot Tidak Pernah Down?”

  1. Haha, saking penasarannya ya. Saya sih juga berpendapat sama dengan server Google yang hampir tidak pernah down. Makanya saya adem ayem aja pake blogspot. Logikanya sih, karena saya ngga mau repot. Biar Google yang mengurus semuanya. Sebagai perusahaan besar, tentu mereka akan mempertahankan citra sebaik mungkin dengan pelayanan semaksimal mungkin.

    • Iyah.. penasaran saja atas pernyataannya. Karena logika saya mengatakan sebesar dan sebagus apapun, selalu ada kelemahan.

      Yup, itu betul sekali. Sebagai institusi bisnis pasti mereka akan berusaha yang terbaik. Sampai sekarang saya sendiri berpendapat server blogger itu yang terbaik. Meski, saya sekarang menganggap bahwa ada yang lebih penting daripada sekedar kestabilan dan uptime, seperti kebebasan dalam berekspresi, dengan segala resikonya

Comments are closed.