Linkmagz , Template Baru Maniak Menulis Buatan Mas Sugeng

Linkmagz , Template Baru Maniak Menulis Buatan Mas Sugeng

Perkenalkan Linkmagz, template untuk Blogspot karya Mas Sugeng. Perkenalkan juga tampilan baru dari Maniak Menulis.

Ganti template lagi?

Iyah. Memang betul, blog ini kembali ganti tampilan dengan template baru lagi.

Terus terang keputusan yang mendadak dan diambil dalam waktu yang singkat sekali. Padahal, template sebelumnya , Viomagz, karya pembuat yang sama tidak mengalami masalah yang berarti, alias kecepatan loading bagus, tampilan pun OK punya.

Baik-baik saja.

Mungkin bisa jadi karena saya adalah orang pembosan atau memang naluri kolektor template yang mendorong penggantian template kali ini. Boleh saja kalau dianggap demikian.

Tapi, sebenarnya tidak tepat demikian.

Ada satu alasan mengapa keputusan dadakan diambil untuk membeli template yang satu ini. Alasan yang mendorong pembelian ini dilakukan di atas kereta dalam perjalanan ke kantor via handphone saja.

Alasannya adalah karena faktor kecepatan loadingnya.

Meskipun saya bukan maniak GTMetrix atau Pagespeed Insight, tetapi kalau memang ada template yang bisa memberikan kecepatan lebih baik, saya tidak akan mengabaikannya. Toh hal itu akan menguntungkan bagi siapapun yang datang ke blog ini.

Dan, Linkmagz memang membuat saya kagum.

Sebelum melakukan pembelian, saya mencoba beberapa kali perbandingan dengan beberapa blog saya yang masih memakai Viomagz, kakak si Linkmagz. Cukup cepat tetapi tetap terasa ada jeda antara penekanan tombol “Enter” di Android sampai blog tampil di layar.

Kemudian, saya bandingkan juga dengan blog lain yang memakai template buatan anak bangsa juga dengan tipe magazine atau majalah.

Hasilnya, bikin keputusan pembelian langsung keluar.

Kecepatan loadingnya terasa sekali bahkan di atas kereta yang biasanya lamban. Entah sih di ponsel orang lain, tetapi di OPPO A3S, smartphone murahan andalan itu, kecepatan Linkmagz jauh lebih baik.

Laman langsung tampil dalam beberapa saat, lebih cepat dari saudaranya Viomagz yang dipakai blog MM.

Saat itulah keputusan pembelian dan pesanan dilakukan. Tanpa menunggu waktu, ketika turun kereta, langsung pembayaran diselesaikanvia ATM BCA.

Ketika dipasang di blog Umum Sekali dan kondisi maksimum, 10 postingan di beranda dan beberapa widget seperti Popular Post, Arsip, Daftar Link, dan Labels, hasilnya tetap memuaskan. Tetap lebih cepat.

Sekarang di blog MM dengan 12 posting di homepage dan widget yang sama, hasilnya masih bagus sekali menurut GTMetrix.

Lihat saja di bawah ini.

Linkmagz , Template Baru Maniak Menulis Buatan Mas Sugeng

Padahal bukan AMP (Accelerated Mobile Page).

Dibandingkan dengan Viomagz di Maniak Menulis sebelumnya, score-nya hanya 70-80% saja. Linkmagz mendapatkan score tetap di atas 90% padahal dengan widget lumayan banyak. O ya, jangan lupa sudah ada kode iklan dan Google Analytics juga saat dites.

Dan, saya merasa keputusan dadakan itu tidak salah. Apalagi setelah mencoba menampilkan postingan dengan foto yang banyak di Umum Sekali dan blog lain, kesannya tetap sama.

Beberapa hal lain yang kemudian ditemukan adalah

  • Pengaturan menu tidak perlu dilakukan via halaman HTML lagi
  • Pemasangan iklan tidak lewat HTML lagi
  • Perubahan warna bisa dilakukan via Pengaturan Tema Blogspot
  • Lebar Header bisa disesuaikan lewat Pengaturan Tema Blogspot
  • Pemasangan iklan, disediakan widget khusus

Hal-hal yang membuat semakin praktis untuk mengurus blog dan tidak perlu terlalu banyak mengutak-atik kode.

Memang sih karena benar-benar fresh keluar pabriknya, tanggal 4 Maret 2020 yang lalu, masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Hanya, saya belajar dari pengalaman memakai template karya Mas Sugeng, Evomagz dan Viomagz, perbaikan dan update akan terus disusulkan dan akan membuat template semakin baik.

Harganya sendiri, lumayan, tapi terjangkau, yaitu Rp. 245.000.-, tetapi saya mendapat potongan diskon 30% karena sebelumnya sudah pernah membeli produk Mas Sugeng.

Harga yang menurut saya sendiri, sesuai dengan apa yang diberikan oleh templatenya.

Apalagi, saya cukup tahu bahwa harga template Blogspot seperti ini di Themeforest sebesar US$ 21-29 (sekitar 300-420 ribu rupiah). Itupun hanya bisa dipakai di satu website saja, sedangkan Linkmagz bisa dipasang di banyak blog, selama dalam satu keluarga.

Dan,saya sudah memakainya setidaknya untuk 4 blog di bawah Lovely Bogor Network.

Harapan saya dengan template baru ? Sama saja dengan sebelumnya, yaitu memberikan yang lebih baik kepada para pembaca. Paling tidak, blog MM akan tampil lebih cepat di layar monitor Anda semua.

Itu saja.

Jadi, selamat mencoba penampilan baru blog Maniak Menulis.

Catatan : 



1) Ini bukan promosi karena saya tidak ikut program afiliasi Mas Sugeng. Tidak ada yang saya dapatkan dengan membuat tulisan ini kecuali rasa senang saat menulis saja



2) Warna blog MM masih akan disesuaikan mengingat template masih perlu disesuaikan lagi

Yuk Berbagi....

4 thoughts on “Linkmagz , Template Baru Maniak Menulis Buatan Mas Sugeng”

  1. Keren nih template baru langsung dipakai di blog ini. Cepat banget ya templatenya saya cek blog ini scorenya di atas 90 baik mobile maupun desktopnya.

    Reply
  2. Wajah baruuuu nih blognya mas Anton 😄 bagus mas template yang sekarang, nggak kalah keren dari yang sebelumnya dan lebih colorful juga, kalau yang sebelumnya kan putih total (seingat saya) 😆

    By the way, loadingnya cepat sekali waktu dibuka lewat laptop ~ saya belum pernah coba buka lewat handphone, tapi kalau lewat laptop sudah cepat, pasti lewat handphone lebih cepat 😍

    Reply
    • Hahahaha.. iya Mbakyu.. Itu yang buat saya beli karena cepat banget dibandingkan sebelumnya.

      Soal warna mah karena bosan dengan putih polos, jadi sekarang agak dibedakan biar lebih ceria…

      Reply

Leave a Comment