10 Blog Dan Blogger Terbaik Di Indonesia

10 Blog Dan Blogger Terbaik Di Indonesia

Saking seringnya membaca berbagai artikel tentang blog dan blogger terbaik, baik di Indonesia, maupun dunia, saya terpengaruh juga. Saya merasa kurang afdol juga, sebagai blogger kalau tidak ikut menelurkan pemeringkatan blog/blogger.

Selama ini, memang saya akui memang kurang mengikuti tren. Padahal, salah satu keyword (kata kunci) yang paling banyak dicari terkaitd unia blogging adalah tentang apa dan siapa blog dan blogger yang paling baik, terkenal, favorit. 

Jadi, anggaplah saja, tulisan ini sebagai sebuah usaha mencari perhatian dari khalayak pembaca (yang pastinya sampai hari ini masih akan terus mencari informasi yang satu ini).

Tentunya, tetap tanpa mengorbankan prinsip dan pandangan dari penulisnya, yaitu saya sendiri. Peringkat blog dan bloggernya akan memakai gaya Maniak Menulis yang bengal dan kadang seenak udelnya sendiri.

Singkat kata saja, 10 blog dan blogger terbaik di Indonesia versi Maniak Menulis adalah sebagai berikut :

1)

2)

3)

4)

5)

6)

7)

8)

9)

10)

Nah, itulah daftar 10 terbaik di dunia blog Indonesia.

Kok kosong? 

Mungkin itu kalimat yang langsung terlintas di kepala Anda. Jangan khawatir, Anda tidak salah baca, memang dari nomor 1 sampai 10  tidak ada isinya. Kosong melompong.

Coba melucu nih? Tidak juga. Saya justru sedang sangat serius.

Bukan sekedar gaya-gayaan dan berusaha berbeda dengan yang lain. Tapi, kalau mau dianggap begitu, ya boleh saja. Siapa yang bisa melarang, iya nggak?

Kalau memang itu kesan yang timbul, begini penjelasannya tentang daftar kosong itu . Kosongnya peringkat 1 sampai 10 dalam daftar itu mengungkapkan beberapa fakta dan pandangan dari pemilik Maniak Menulis, yaitu

a)  Saya tidak punya kemampuan untuk mereview jutaan blog yang ada di Indonesia. Boro-boro untuk mengulas dan mempelajari satu demi satu. 

Untuk mengupdate blog-blog yang saya kelola saja sudah ngos-ngosan. Apalagi harus menilai jutaan blog

b) Saya tidak mengadakan kompetisi blog, jadi untuk apa harus membuat daftar peringkat blog?

c) Bagi saya, setiap blog itu “berbeda” karena merupakan perwakilan dari pemikiran orang yang berbeda. 

Setiap blog memiliki keunikan sendiri yang tidak bisa dibandingkan. Tentu saja saya tahu bahwa ada yang bagus dalam penulisannya, ada yang jelek. Tetapi, sulit untuk membandingkan satu dengan yang lain. Sama susahnya dengan membandingkan satu orang dengan yang lain dan kemudian harus memutuskan yang mana yang terbaik

d) Pengetahuan dan minat saya terbatas : meskipun suka membaca, tetapi saya tidak suka membaca tentang memasak, tidak nyaman membahas tentang kosmetik, tidak ngerti kalau diajak bicara soal komponen elektronik, dan masih banyak keterbatasan lainnya. 

Dengan begitu saya tidak akan pernah bisa menilai secara fair tentang blog-blog sebelum bisa membuat peringkat

Jadi, itulah alasan mengapa daftarnya kosong melompong.

Memang sih, ada banyak blog yang menurut saya baik dan rutin saya kunjungi. Tetapi, tentunya tidak fair juga kalau saya hanya menilai dan memasukkan nama blognya mereka yang rutin saya baca.

Soalnya, dengan keterbatasan itu tetap saja akhirnya saya akhirnya akan menilai secara subyektif sekali dan pasti banyak dari blog yang masuk peringkat adalah yang sering saya datangi karena kedekatan juga. 

Bisa disebut KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme). Sementara, juri itu tidak boleh KKN.

Mungkin ada cara mudah, yaitu dengan memakai referensi orang lain, alias yang sudah ditulis, disebut dan diviralkan banyak orang. Toh, di internet sudah banyak yang memberikan informasi dan masukan seperti ini. 

Cuma hasilnya pasti tidak sesuai dengan keharusan sebagai juri, untuk melakukan penilaian sendiri.

Ditambah lagi, terkadang saya melihat bahwa banyak yang dianggap sebagai terbaik oleh orang lain, sebenarnya tidak menarik bagi saya.

Jadi…

Itu kesalahan saya saja karena tidak punya cukup kemampuan untuk melakukan penilaian secara fair. 

Bisa juga karena saya memiliki sudut pandang yang memang kurang umum. 

Jadilah, dengan terpaksa, daftar peringkat blog dan blogger terbaiknya tidak ada isinya.

Mungkin itu semua karena pada dasarnya saya memang berpikir bahwa tidak ada blog atau blogger terbaik di Indonesia atau dunia, sama halnya dengan tidak ada orang terbaik di dunia.

Maafkan atas hal itu. Semoga Anda mau memberi maaf kepada saya.

(Revisi 12/6/2020 : perbaikan tata bahasa dan pembetulan beberapa kesalahan ketik)

Yuk Berbagi....

20 thoughts on “10 Blog Dan Blogger Terbaik Di Indonesia”

  1. hoho.. ku sudah penasaran banget mau liat siapa aja blogger terbaik itu. lalu, mau ku kunjungi masing-masing blogger nya. eh, ternyata kosong yaa.. hihi..

    kalau begitu, mending buat tulisan "10 blogger yang sering dikunjungi" aja, biar bisa jadi referensi buat yang lain juga untuk mengunjungi. hehe

    Reply
    • Hahahahaha.. welcome di dunia Maniak Menulis yang biasa nyeleneh..

      Okeh saran diterima, nanti saya buatkan deh..

      Reply
  2. Ceritanya sedang mengikuti tren menulis judul yang banyak dicari orang ya, hehe. Kesannya jadi klik bait, tapi ngga bohong juga.

    Reply
    • Tau aja Nisa..sekali kali ikut trend dong..🤣🤣

      Memang click bait kok memanfaatkan pengetahuan apa yang banyak dicari orang, bombastis..

      Cuma memang nggak bohong..

      Senang punya pembaca yang kritis dan mau berpikir panjang seperti Nisa

      Reply
  3. hahahaha, sesungguhnya kalau disuruh sebutin blogger terbaik di Indonesia, saya sendiri pun bingung, karena setiap blogger yang sering saya kunjungi blognya punya keunikan masing-masing 🙂

    Makanya, kalau saya nulis blogger yang menginspirasi saja, tentunya blogger yang blognya sering saya kunjungi.

    ya gak mungkin kan blogger lain yang nggak pernah saya kunjungi hihihi

    Tapi top pak, nanti saya isi sendiri deh urutannya hahahaha

    Reply
  4. Udah penasaran nih ya, lihat judulnya.
    Eh, kok listnya kosong.
    Tapi begitu baca alasannya, "oh, sungguh masuk di akal saya"

    Reply
    • Hahahaha.. selamat datang si dunia Maniak Menulis Mbak..karena saya tidak mau ikut ikutan gaya "terbaik" versi orang lain yang sebenarnya nggak masuk akal 😁

      Reply
  5. Agak deg deg-an sih ketika baca artikel ini beberapa waktu yang lalu, sebab jarang2 Admin blog ini mau menulis list blogger terbaik.

    Yang membuat deg deg-an bukan siapa peserta yang di tulis di urutan list, melainkan " kejutan " apa yang akan di tulis-nya,

    Dan,,,ternyataaa,,,,,,,, nama blogger terbaiknya " ZONK " hahahah….bikin ngakak saja.

    Coba buat sampai 1000 saja deh pak, biar ngak nanggung, hahaha……

    Reply
  6. Pintar ini bikin judulnya bikin penasaran, tapi pas liat isinya malah tambah penasaran hehe.. Tapi, menurut saya untuk yang zaman now mungkin mas Himawan Sant ya, tapi kalau pelopornya ada mas sugeng, yodia antariksa (topik manajemen)…

    Reply
    • Yah, masing-masing punya pendapat, tetapi kalau saya sih tetap bilang bahwa tidak ada yang namanya blog atau blogger terbaik itu. Terlalu banyak hal yang harus dicover dan dinilai dan hal itu tidak mungkin dilakukan oleh seorang batau 10 blogger saja.

      Kalau seorang diri, maka sifatnya subyekti sekali dan tidak bisa dipertanggungjawabkan

      Reply

Leave a Comment