Perbedaan Blogger dan Internet Marketer

Beda. Keduanya sangat berbeda. Blogger dan internet marketer adalah dua entitas atau identitas yang berbeda.

Memang, seringkali keduanya disamakan dan mayoritas orang hampir tidak bisa melihat perbedaan blogger dan internet marketer. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang teramat sangat besar.

Bisa dimaklumi kalau kedua istilah tersebut seperti tercampur aduk dan menimbulkan kerancuan sehingga keduanya terlihat serupa. Banyak blogger menggunakan tehnik yang dipergunakan oleh para internet marketer. Di sisi lainnya, banyak internet marketer yang menggunakan blog dan gaya penulis informal ini untuk merealisasikan targetnya.

Hasilnya, yang terlihat adalah keduanya sama.

Perbedaan blogger dan internet marketer

Tidak mudah untuk bisa mengidentifikasinya. Bahkan, tidak mungkin untuk membuat definisi dan pembeda yang jelas antara keduanya di maasa sekarang.

Meskipun demikian, mungkin sedikit definisi tentang kedua istilah tersebut bisa memberikan gambaran tentang apa perbedaan antara blogger dan internet marketer.

Blogger : orang yang menulis dan mengelola blog. Blog sendiri adalah semacam online jurnal atau diari.Kegiatannya disebut blogging atau dalam bahasa Indonesia, ngeblog.

Tujuan dasar blogging atau ngeblog adalah untuk menuangkan pemikiran, ide, gagasan, pendapat, dari si blogger.

Internet marketer : seseorang yang melakukan kegiatan internet marketing, atau pemasaran dengan memakai media internet.

Pemasaran sendiri adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meyakinkan orang untuk membeli “sesuatu” atau sebuah produk, yang bisa berupa jasa atau barang.

Sudah bisakah Anda menemukan perbedaannya dari sini?

Seharusnya sudah.

Inti dasarnya ada pada niat dan tujuannya. Memang medium yang dipergunakannya sama, yaitu internet. Tetapi, blogger bertujuan untuk berbagi/sharing, sedangkan internet marketer bertujuan untuk pada akhirnya menghasilkan “penjualan” dan profit.

Itulah perbedaan utama dan paling mendasar dari dua istilah tersebut.

Sikap Mental Yang Berbeda

Perbedaan niat atau tujuan sendiri menghasikan dua buah sikap mental yang berbeda, dan harus berbeda.

Seorang blogger, karena niatannya, setidaknya pada awalnya, adalah berbagi cerita atau gagasan, akan seperti tenggelam dalam dunianya sendiri.

Mereka akan enjoy dan merasa bahagia ketika mereka menulis tentang pengalaman-pengalaman kecil, pengetahuan-pengetahuan sepele. Jarang yang peduli apakah tulisannya akan dihargai atau dinilai baik oleh yang membaca, seringkali bahkan mereka tidak peduli apakah ada yang mau membaca atau tidak.

Tujuan mereka sudah tercapai ketika sebuah tulisan diterbitkan. Pembaca dan ketenaran adalah sebuah bonus dan bukan tujuan utama.

Sebaliknya, seorang internet marketer akan memiliki sikap mental sebaliknya.

Mereka harus menetapkan target di awal, yaitu penjualan dan harus terus berusaha merealisasikan targetnya itu. Tidak boleh tidak harus tercapai dengan berbagai cara.

Pembaca adalah pasar utamanya karena mereka tidak sekedar dianggap pembaca, tetapi sebagai calon mangsa yang harus diyakinkan agar mau membeli. Jika pembaca bisa diubah menjadi pembeli dari apa yang hendak dijualnya.

Sikap mentalnya tidak beda dengan para phone marketing, pantang menyerah dan akan terus membujuk.

Blogger dan internet marketer berada pada dua kutub yang berbeda dan berseberangan.

Blog-marketer Lahir?

Tetapi, itu dalam tataran niat dan target. Tentunya, tidak bisa orang lain menebak dan mengetahui niat apa yang ada di dalam hati seseorang. Hanya orang tersebut dan Tuhan yang tahu.

Secara kasat mata, keduanya akan mirip. Terutama karena keduanya, belakangan ini, banyak menggunakan medium yang sama, blog.

Belum lagi ketika istilah monetisasi blog merebak bak jamur di musim hujan. Semua blogger berlomba-lomba hijrah dari sekedar berbagi informasi, ide, dan pengetahuan menjadi para pengejar rente dan uang.

Niatan idealistis blog sebagai media sharing dan berbagi bisa dikata “hampir” punah karena kebanyakan blogger yang terjun setelah blog sebagai ladang penghasil uang dilahirkan, tidak lagi berniat hanya sekedar berbagi. Mereka menginginkan uang.

Para blogger pengejar rente ini mengadopsi berbagai tips dan trik yang dilakukan oleh para internet marketer untuk membuat dagangan mereka laku. Tehnik-tehnik Search Engine Optimization, perburuan backlink, giveaways, blogwalking adalah berbagai jenis tehnik promosi yang sudah dianggap sebagai standar ngeblog.

Tujuannya agar blog mereka laku dan dikunjungi ribuan bahkan jutaan orang. Semakin banyak semakin baik karena dengan itu penghasilan dari klik iklan akan meningkat dan mereka bisa mendapatkan profit atau keuntungan.

Tetapi, tetap saja mereka blogger. Meskipun sikap dan tingkah para blogger pemburu rente ini tetap bermotifkan uang, tetapi mereka tidak bertujuan menghasilkan “penjualan“. Yang mereka jual hanyalah blog atau tulisan mereka.

Padahal target utama seorang internet marketing adalah “penjualan” sebuah produk atau jasa.

Posisi, para blogger ini seperti berada di tengah-tengah. Mereka tetap berbaju blogger, tetapi bertingkah laku seperti internet marketer.

Mau disebut sebagai blogger susah karena orientasinya sudah money oriented. Kalau disebut internet marketer, mereka tidak bertujuan melakukan penjualan. Sikap mentalnya bukan blogger, tetapi juga tidak 100% internet marketer.

Lalu apa istilah buat blogger seperti ini?

Yah, itu sih terserah pada diri masing-masing mau menyebut kalangan di tengah-tengah ini apa. Mau blogger boleh, mau internet marketer boleh.

Tetapi, saya pilih menyebut mereka sebagai “BLOG MARKETER”.

Mereka yang memanfaatkan medium blog untuk melakukan pemasaran produk atau jasa atau blog mereka sendiri dan/atau mendapatkan profit dari blog yang mereka kelola.

Blogger Murni Itu Masih Ada

Kenapa seperti ada pembagian seperti ini? Karena kenyataannya di dunia maya masih banyak blogger yang benar-benar menerapkan ide awal ketika blog lahir. Berbagi!

Di dunia maya masih banyak orang-orang yang begitu menikmati menulis dan ngeblog bahkan tanpa berpikir untuk menghasilkan uang atau monetisasi blognya.

Tidak ada iklan. Tidak ada tulisan bersponsor. Tidak ada link afiliasi yang menawarkan produk dengan komisi. Bahkan mereka tidak memasarkan blognya sendiri.

Jadi, mau tidak mau maka harus dijadikan sebuah kategori tersendiri, dan yang paling pantas mendapatkan label blogger murni.

Dimana posisi Maniak Menulis?

Sulit menilai diri sendiri tanpa menjadi bias, tetapi tetap harus dilakukan.

Maniak Menulis tidak melakukan promosi, pemiliknya tidak berburu backlink, tidak menggunakan trik SEO, tidak melakukan giveaways. Jadi, blogger murni?

Tidak juga.

Iklan Adsense terpajang di blog ini. Sebagai pemiliknya, saya sempat terkena demam berburu rente dan uang dari iklan. Meskipun belakangan semakin menjauh dari menjadi blogmarketer, tetapi tetap saja, tidak bisa dan tidak adil kalau pemilik blog ini sebagai blogger murni.

Tetapi, disebut sebagai blog-marketer pun, tidak bisa juga. Berbagai ciri khas dan niatan sudah berubah posisi ke awal.

Jadi, kalau boleh saya sebut Maniak Menulis berada di antara posisi blogger murni dan blogmarketer. Tetapi, sudah pasti bukan Internet Marketer, karena saya tidak menjual apapun.

Bagaimana dengan Anda? Masuk dalam kategori mana kira-kira Anda sebagai blogger?

Boleh tahu?

2 thoughts on “Perbedaan Blogger dan Internet Marketer”

  1. Saya sependapat dengan uraian pada artikel diatas,jadi saya tidak bisa berkomentar banyak, Pak Anton.

    Yang Terpenting buat saya menulis tulisan yang bermanfaat dan dibuat semenarik mungkin.

    Reply

Leave a Comment